Rabu, 30 Oktober 2019

Apa Itu Bitcoin, Penemu, dan Cara Kerja Bitcoin

Apa Itu Bitcoin ?? Banyak oang masih bertanya mengenai bitcoin, padahal bitcoin terus mengalami penaikan seiring jaman walau kadang juga terdapat penurunan yang dapat merugikan para pengguna dan penikmati bitcoin. Maka dari itu disini saya akan bahas mengenai bitcoin secara mendalam dan detail tentunya. Simak pembahasan dari saya semoga kalian menikmatinya.
Apa Itu Bitcoin

Apa Itu Bitcoin ??

Kebanyakan orang masih bingung mengenai apa itu bitcoin dan masih banyak orang yang belum percaya mengenai mata uang digital bitcoin tersebut padahal bitcoin sudah banyak orang ingin mendapatkan bitcoin tersebut. Bayangkan saja jika kalian telah memulai Bitcoin sejak tahun 2013, uang yang kau miliki bisa kalian hidup tanpa kerja alias bisa dikatakan dengan pengangguran sukses, hehehehe.

Bitcoin dapat saya artikan sebagai sistem transaksi global yang terdesentrilisasi dan juga bitcoin merupakan salah satu cryptocurrency seperti halnya uang kertas tapi bitcoin merupakan sebuah mata uang digital.

Bitcoin ini berupa mata uang yang penyimpanan secara digital. Bitcoin ini pula dapat kalian gunakan untuk membeli suatu jasa seperti game hosting website atau hal lainnya.

Pernahkah kalian membayangkan sistem transaksi seperti transaksi jual, beli, ataupun transfer uang secara digital atau bisa dikatakan online. Pasti kalian akan membayangkan selalu ada pihak ketiga dalam pembayaran tersebut misal digunakan untuk transfer bank, menggunakan Visa, Master Card, Paypal, dan lain sebagainya.
Apa Itu Bitcoin

Atau Apakah kalian pernah membeli barang dari luar negeri lewat  paypal atau amazon ? Pasti kalian bertanya tanya bagaimana sistem pembayaran ke luar negeri tersebut terjadi ?? Saya ada contoh, contohnya anda menggunakan kartu kredit yang terdapat logo Visa, nah kalian pasti berfikir bagaimana pembayaran itu bisa di laksanakan atau berjalan dengan lancar ???

Seperti yang kami ketahui, setiap instusi penyedia jasa keuangan (termasuk bank) semua nya memiliki buku akuntasi untuk mencatat semua hal yang terdapat dalam lalu lintas pembayaran. Maka dari itu kita terkena suatu biaya tambahan yang diperlukan untuk membeli barang dari luar negeri tersebut.

Tapi di Bitcoin semua catanan dan sistem perbukuan seperti akuntansi dan buku kas kas lainnya berupa sistem akuntansi global. Tentunya berbagai manfaat diperoleh jika kita menggunakan bitcoin dalam sistem pembayaran, karena tidak perlu membayar biaya tambahan apalagi menghemat waktu.

Siapa Penemu Bitcoin ??

Kalian pasti pernah bertanya tanya siapa yang menciptakan Bitcoin ?? Banyak orang mengaku mengaku sebagai pencipta Mata Uang Digital tersebut. Tapi pada dasarnya suatu penemuan besar tidak terlepas oleh sekelompok orang yang menemukan (satu tim).

Bitcoin ini ditemukan oleh suatu kelompok atau tim dengan nama Satoshi Nakamoto, Tapi kelompok tersebut belum diketahui siapa saja anggota yang menciptakan Mata Uang Digital Bitcoin ini.

Bitcoin ini diciptakan dan dirancang dengan sifat open manner, yang memiliki arti sebagai kode pemrograman tersebut dirancang dapat dilihat dan diperiksa oleh semua orang di dunia dan tidak pengecualian. Jadi Bitcoin ini tidak terdapat rahasai tersebut daam penciptaan dan tidak memiliki suatu konflik demi kepentingan.

Bagaimana Bitcoin Bekerja ??

Bitcoin  merupakan salah satu buku jurnal digital yang dimiliki siapa saja yang mempunyai dan berapa bitcoin yang mereka miliki atau dalam bisa umpmakan saldo dalam rekening bank tersebut. Bank pun sama juga memiliki sebuah jurnal digunakan untuk mencata nasabah A memiliki seberapa banyaknya uang yang Nasabah A tabung di suatu bank tersebut. Nah Bitcoin ini tidak disimpin oleh sebuah instansi ataupun pihak tertentu.
Apa Itu Bitcoin

Bitcoin ini merupakan jurnal digial yang disimpan pada setiap orang yang memilki, Jadi ketika jurnal digital tersebut mengalami kerusakan maka kamu dapat memiliki cadangan pada bitcoin tersebut. Bisa dikatakan juga tidak ada pihak atau orang tertentu yang dapat mengontrol jurnal tersebut. Semua pemilik bitcoin berpartisipasi.

Namun karena kebanyakan orang dapat mempunyai sebuah jurnal digital tersebut maka orang orang dapat mengetahui jumlah dari setiap atau beberapa transaksi yang pernah dilakukan atau terjadi. Bisa saya katakan jika kalian menjadi mainteiners, maka kamu akan melihat setiap catatan yang kalian unduh dalam jaringan tersebut.

Namu Hebatnya lagi Bitcoin ini tidak diketahui pemilik utama atau sistem bukan seperti bank pada umumnya yang memiliki nomor rekening, alamat dan lain lain. Bitcoin ini Tidak dapat dilacak tidak tahu siapa yang memiliki, alamat pemilik ataupun informasi pribadi yang dimiliki oleh Pemilik Bitcoin.

Ilustrasi jika kita membayar menggunakan bitcoin. Misal Adi mengirim 1 Bictoin (BTC) kepada azis, maka dalam sebuah instruksi dijlankan dakan akan dikirimkan ke seluruh jaringna yang memgang kopian jurnal tersebut. Intruksi tersebut digunakan untuk memindah tangan 1 BTC yang dimiliki oleh Adi (mengurangi) kepada Azis (menambahkan), Setelah semua transaksi instruksi tersebut berjalan dengan lancar maka semua jurnal yag terdapat dalam jaringan tersebut akan memperoleh suatu update.

Dalam mencegah sautu pemalsuan yang terjadi dalam instruksi yang dilakukan dalam menggunakan bitcoin maka jaringan menggunakan bukti yang dapat digunakan tersebut merupaakn instruksi untuk memindahkan 1 BTC yang berasal dari adi sebagai pemilik asli. Dimana dalam mencegah pemalsuan tersebut merupakan tugas private key tersebut hanya dipunyai oleh Andi. Jaringan tesebut dapat membuktikan bahwa yang mengirimkan bitcoin tersebut merupakan pemilik bitcoin asli, atau di sini bisa katakan pemilik aslinya yakni Adi.

Bitcoin ini berbeda dengan cek, karena cek dapat dipalsukan atau dimanipulasi secara terus menerus. Tapi Bitcoin ini menggunakan private key yang akan menghasilkan signatur yang berbed beda setiap kali transaksi dilakukan. Signature tersebut jika melakukan transaksi kembali akan dihasilkan signature signature yang berbeda atau penanda bahwa pemilik asli yang berbeda dari sebelumnya, padahala orang tersebut merupakan pemilik aslinya. Maka dari itu Bitcoin sulit sekali untuk dilacak, karena proses private key tersebut.

Kelebihan Bitcoin Bila Dibandingkan dengan Mata Uang Konvensional

  • Bitcoin dalam penggunaannya menggunakan sistem desentralisasi, yang mempunyai maksut tidak ada pihak atau yang dapat mengatur seperti halnya bank. Karena pada dasarnya di dalam Bitcoin Semua orang dapat berpartisipasi dalam suatu proses bitcoin tesebut. Bisa dikatakan tidak ada orang yang bisa membuat kebijakan kebijakan baru, yang menguntungkan sepihak dan yang memberatkan pemilik Bitcoin ini sebagai mata uang digital.
  • Pembelian cukup mudah, tidak seperti halnya bank yang perlu mengurus langkah langkah dan dokomen, kamu cukup memiliki bitcoin dengan hitungan menit saja
  • Kerahasiaan terjaga atau bisa saya katakan aman mengenai informasi pribadi. Tapi pernyataan tersebut tidak bisa dikatakan sepenuhnya benar danjuga tidak bisa dikatakan salah. Karena semua sistem yang diciptakan oleh manusia pasti memiliki suatu kelemahan yang belum terlihat.
  • Semua orang dapat melihat berapa bitcoin yang dimiliki seseorang yang memiliki catatan jurnal atau bisa saya katakan transparan. Di dalam Bitcoin hanya terdapat Address dan berapa jumlah Bitcoin dimiliki tanpa diketahui siapa pemilik bitcoin tesebut. Transparan bener kan tapi sayangnya kita tidak tahu siapa pemilik Bitcoin tersebut.
  • Pengiriman menggunakan Bitcoin bisa saya katakan super cepat, karena tanpa ada sayara ataupun batasan transfer yang ingin pemilik transfer.
  • Apalagi baiaya yang digunakan untuk tranfer Bitcoin terbilang sangat kecil dan tidak menggunakan biaya administrasi.

Kelemahan Bitcoin Dibanding dengan Mata Uang Konvensional

  • Tidak Stabil, mengapa dapat saya katakan seperti itu. Karena masih banyak perusahaan yang menwarkan pembayaran menggunakan mata uang digital tersebut, maka dari Mata Uang Digital Bitcoin kadang mengalami penurunan dan mengalami penaikan, apalagi penurunan sangat tajam, dan naik juga sangat tajam.
  • Beresiko Hilang ataupun Dicuri, Karena dalam mata uang bircoin ini sebagai dompet untuk menyimpan mata uang ini dalam bentuk digital dan dapat kita sebut sebgai wallet file. Wallet ini disimpan dalam Harddisk yang notabene peralatan tersebut dapat mengalami kerusakan ataupun terdapat virus yang menyebabkan data pada wallet di dalam harddisk hilang ataupun dicuri karena suatu virus.
  • Belum banyak diakui sebagai alat pembayaran. Karena terdapat banyak negara yang belum melegalkan mata uang digital ini. Apalagi bitcoin ini dapat digunakan untuk pencucian uang atau untuk menghindari pajak. Banyak pengamat keuangan menilai Bitcoin tampak tidaak bernilai dan banyak pengamat pula mengatakan Bitcoin ini merupakan mata uang digital ilegal dengan alasan bitcoin tidak didorong dengan perundangan yang sah.

Itu saja yang dapat saya bahas mengenai Apa Itu Bitcoin ??, Siapa Penemu Bitcoin, Kelebihan Bitcoin dan Kelemahan Bitcoin. Semoga dengan artikel ini dapat memberikan banyak wawasan kepada kalian mengenai mata uang digital yang notabene sangat berharga yang banyak orang menganggap emas digital. Jika terdapat pertanyaan seputar Bitcoin bisa kalian tanyakan di situs kami dengan cara menuliskan di kolom komentar ataupun menulis di kontak form kami. Sekian dan terimakasih telah berkunjung disitus kami.

Apa Itu Bitcoin, Penemu, Kelebihan dan Kelemahan
Terima Kasih


EmoticonEmoticon