Rabu, 10 Juli 2019

Cara Setting Tenda O3 Sebagai WISP, Client, dan AP

Cara Setting Tenda O3 - Siapa yang tidak kenal dengan salah satu alat tembak terbaik ini. Banyak orang meragukan kemampuan dari tenda O3 ini. Padahal jika kalian mahir menyetel wireless router daya tangkap PTP kalian bisa maksimalkan sampai 5 KM, Kembali siapa penggunanya.

Tenda O3 terdapat 2 versi, tenda o3 v1 merupakan wireless router yang banyak digunakan saat ini. Nah untuk yang versi 2 tenda o3 terdapat kekurangan tinimbang versi 1 nya. Pada versi 2 tidak terdapat antena polarisasi yang biasanya di versi 1 terdapat dua pilihan vertikal, atau horizontal. Sayangnya di versi 2 tidak ada, alias hanya vertikal.

Rumor mengatakan Tenda O3 Versi 2 Rev 2 akan kembali menghadirkan 2 antena polarisasi yakni vertikal dan horizontal. Kita tunggu saja semoga kembali muncul tu antena. Versi 2 memiliki keunggulan dalam mengurangi noise floor, v1 hanya mentok 92 an nah di yang versi 2 mampu 102, semakin tinggi noise floor maka semakin bagus sinyal yang kita tangkap.
Cara Setting Tenda O3
Cara Setting Tenda O3

Menurut saya sendiri perangkat wireless router ini cukup baik digunakan sehari hari, buat nembak wifi.id, untuk ap, ataupun untuk mode client pun mantap. Apalagi Tenda O3 ini memiliki harga yang terbilang murah daripada para pesaingnya. kembali lagi untuk memaksimalkan jarak jauh hingga 5 KM tergantung pointing kalian dan berapa hebat dan sabar kalian dalam setting tenda o3 ini.

Router Wireless ini memiliki begitu banyak fitur yang tidak kalah dengan pesaingnya. Berikut fitur fitur yang menambah kegaharan tenda o3.
  1. Frekuensi 2.4 GHz
  2. IP64 Anti air
  3. Antena 12 dBi dengan dual antena polarisasi (V2 tidak ada)
  4. Support Mode WISP, Station, Client, Universal Repeater, dll
  5. Mampu kurang lebih 60 meter kabel untuk menyalakan wireless router ini (PoE Injector)


Yang kalian harus tahu perbedaan utama tenda o3 v1 dan v2 hanya pada antena polarized, yang lain sama. Tapi di V2 kemungkinan lebih ditingkatkan kinerjanya.

Daripada saya kelamaan membahas tenda o3 dari berbagai fitur, mending kita lanjutkan aja konfigurasi nih tenda 03. Nah pada artikel saya akan bahas 3 cara setting tenda o3 sebagai WISP, AP, Client, Simak dan perhatikan.

Video Setting Tenda O3

MODE WISP

 

MODE AP



Cara Setting Tenda O3 Mode WISP

1. Kofigurasi IP PC agar satu jaringan dengan tenda o3, standard ip gatewey tenda o3 : 192.168.2.1
Cara Setting Tenda O3 Mode WISP

2. Gunakan Browser kalian untuk masuk ke menu konfigurasi, Dengan cara Ketik 192.168.2.1
Cara Setting Tenda O3 Mode WISP

3. Pastikan di Menu Quick Setup lalu Pilih Mode WISP
Cara Setting Tenda O3 Mode WISP

4. Pilih Jaringan yang ingin kalian sambungkan, disni saya memilih "wkwkwk", maka checklist ssid tersebut.
Cara Setting Tenda O3 Mode WISP

5. Masukkan Password Wi-Fi yang telah anda ketahui.
Cara Setting Tenda O3 Mode WISP

6. WAN Connection Typt Checklist DHCP, biar gampang.
Cara Setting Tenda O3 Mode WISP

7. Setting Nama SSID dan Password Wifi yang ingin kalian sebarkan.
Cara Setting Tenda O3 Mode WISP

8. Di Menu ini default aja 192.168.2.1, hanya untuk pengalamatan Wi-Fi yang kalian sebarkan.
Cara Setting Tenda O3 Mode WISP

9. Klik Save.
Cara Setting Tenda O3 Mode WISP

10. Tunggu Restart Tenda O3 sampai selesai.
Cara Setting Tenda O3 Mode WISP

11. Masuk kembali ke tenda o3 dan pastikan kalian tersambung dengan cara Pilih di Menu "Status" Jika tersambaung akan seperti dibawah ini.
Cara Setting Tenda O3 Mode WISP

Selamat konfigurasi tenda o3 mode wisp kalian berhasil. Terdapat masalah langsung aja tanya di kolom komentar yang telah kami sediakan, secepatnya akan saya jawab.

Cara Setting Acces Point Tenda O3

1. Kofigurasi IP PC agar satu jaringan dengan tenda o3, standard ip gatewyt tenda o3 : 192.168.2.1
Cara Setting Acces Point Tenda O3

2. Gunakan Browser kalian untuk masuk ke menu konfigurasi, Dengan cara Ketik 192.168.2.1
Cara Setting Acces Point Tenda O3

3. Pastikan di Menu Quick Setup lalu Pilih Mode AP
Cara Setting Acces Point Tenda O3


4.  Setting Nama SSID dan Password Wifi yang ingin kalian sebarkan.
Cara Setting Acces Point Tenda O3

5.  Klik Save.
Cara Setting Acces Point Tenda O3

6. Tunggu Restart Tenda O3 sampai selesai.
Cara Setting Acces Point Tenda O3

Selamat Tenda O3 kalian telah menjadi AP. Nah untuk sumber kalian bisa gunakan dari modem indihome ataupun dari sumber mikrotik jika kalian gunakan untuk banyak orang dengan acces login terlebih dahulu. Untuk menyambungkan bisa kalian sambungkan melalui kabel lan yang diberikan.

Cara Konfigurasi Tenda O3 Mode Station (Client)

1. Kofigurasi IP PC agar satu jaringan dengan tenda o3, standard ip gatewyt tenda o3 : 192.168.2.1
Cara Setting Tenda O3 Mode Station (Client)

2. Gunakan Browser kalian untuk masuk ke menu konfigurasi, Dengan cara Ketik 192.168.2.1
Cara Setting Tenda O3 Mode Station (Client)

3. Pastikan di Menu Quick Setup lalu Pilih Mode Station (client)
Cara Setting Tenda O3 Mode Station (Client)

4. Pilih Jaringan yang ingin kalian sambungkan, disni saya memilih "wkwkwk", maka checklist ssid tersebut.
Cara Setting Tenda O3 Mode Station (Client)

5. Masukkan Password Wi-Fi yang telah anda ketahui.
Cara Setting Tenda O3 Mode Station (Client)

6. Karena ini pc yang tersambug akan ikut modem yang ditembak, maka untuk konfigurasi kembali tenda o3, setting remote ip standard atau seperti ini. (Client Tidak memunculkan akses wifi baru)
Cara Setting Tenda O3 Mode Station (Client)

7. Klik Save.
Cara Setting Tenda O3 Mode Station (Client)

8. Tunggu Restart Tenda O3 sampai selesai.
Cara Setting Tenda O3 Mode Station (Client)

Selamat tenda o3 telah tersambung wifi target dengan mode station (client). Perbedaan antara WISP, dan Station adalah pada WISP kita membuat kembali wifi yang kita pasang, dan ip dari tenda. Sedangkan pada Mode Station IP ikut ke Modem Wi-Fi targer dan tidak akan memunculkan nama wifi, dengan kata kalian perlu menggunakan tambahan router untuk menyebarkan kembali.

Itu saja ya yang dapat saya jelaskan kepada kalian mengenai cara setting tenda o3 sebagai AP, WISP, ataupun client. jika kurang jelas dengan penjelasan saya, kalian bisa tanyakan di kolom komentar. Kalian juga bisa bertanya kepada saya mengenai keluhan apa saja di tenda o3 kalian. Terimakasih Semoga bermanfaat.

67 komentar

  1. ijin copy bos untuk belajar seting

    BalasHapus
  2. assalamu'alaikum, maaf mas saya mau nanya nih,,,
    kalau untuk hotspot voucher jarak jauh bagusnya pake mode apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mode AP aja Gan...
      Tapi lebih baik lagi kalau pakai OMNI. Karena Tenda 03 ini akan lebih maksimal kerjanya utk PTP jarak jauh.

      Hapus
  3. @Yusuf
    Maaf sebelumnya saya baru bales..

    Semua berhubungan voucher, masuk username, dan password lebih baik di tembak menggunkaan mode WISP, karena sekali konek dengan voucher tersebut, nanti yang lain bakal ikut konek, gak perlu masukin akun voucher lagi.

    Biar full speed kadang perlu tambahan router.
    Terimakasih

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum, bagaimana caranya mengkonfigurasikan router indihome zte F609 dengan Tenda o3.v2 supaya sinyal semakin luas. (rencana Tenda o3 saya taruh di luar) demikian Assalamu'alaikum

    BalasHapus
  5. Untuk menyambungkan ke zte f609. Setting zte nya di mode bridge..

    BalasHapus
  6. Bagaimana tenda O3 ini bisa saya tangkap sinyalnya pada jarak 5 km?
    Apakah harus pasang tenda O3 lagi sbg penerimanya di jarak 5km??

    BalasHapus
  7. @mugi purwanto
    Iya gan harus 2 tenda o3, sebar dan menerima.
    Nama Modelnya PTP.
    Syarat :
    1. Tidak boleh ada halangan,
    2. Pointing harus pas antara penerima dan penyebar.

    BalasHapus
  8. Maaf Gan, Tenda O3 dijadikan client Tp-link EAP110-outdoor, ini lancar. Tapi jika Tenda O3 dijadikan client dari MIkrotik BaseBox2, kok sepertinya gk bisa yaa.
    Apa yang harus diseting Gan ?

    BalasHapus
  9. Punya saya disconect terus gan. WAN IP nya ndak muncul. Dan wifi jarak 150an ngga kedetek tapi yg jauh malah kedetek.
    Gimana itu gan

    BalasHapus
  10. @0t16
    Coba Tenda O3 di mode AP gan. Kalau gak setting di mikrotiknya..

    BalasHapus
  11. @solusi kita
    Tergantung juga daya pancarnya yang mau ditembak..
    Terus biar tidak diskonek, usahakan settingan tenda o3 nya pas.
    TX Power juga dikurangi, Buat di level 6.
    Postingan selanjutnya saya akan kasih tips dan trik tenda o3 anti diskonek diskonek..

    BalasHapus
  12. @ALL
    Yang ingin tanya tanya langsung tentang tenda o3, fast respon bisa chat fb saya. FB saya "Zadi Aqil"
    Atau Search di FB "zadi.aqil.1"

    BalasHapus
  13. @Nu Irvan
    Mode AP gan, tapi kayaknya bakal susah, speed gak maksimal..

    BalasHapus
  14. Cara setting tenda 03 agar bs nangkap/nembak wifi 4 km itu bgmn caranya gan

    BalasHapus
  15. Sy set 2 tenda O3 di lift, AP dan client, koneksi putus2, jarak 100meteran Krn 31 lantai. Bgmn solusinya, pdhl posisi sdh lurus.

    BalasHapus
  16. @iyan
    saya gagal paham maksut anda mas...
    Saya bingung maksut krn 31 lantai...
    Usahakan tidak ada halangan, ada halangan bisa mengurangi kekuatan sinyal..

    BalasHapus
  17. kenapa saat setting wisp sudah berhasil no internet connection, nembak wifi balai desa

    BalasHapus
  18. Sy mau minta info gan, sy punya tenda n301 indoor dengan tenda 03 outdoor untuk nembak wifi jarak jauh kira2 yg mana dluan di setting

    BalasHapus
  19. @ALL
    Buat yang sering tenda o3 sering disconnect, kadang tidak ada akses internet (no internet access), putus nyambung bahkan putus gak mau nyambung lagi, putus putus. Bisa gunakan cara dari saya, cara ini saya peroleh dari pengalaman pribadi saya selama menggunakan tenda o3.

    Menggunakan konfigurasi khusus dari saya bisa saja menjadi solusi bagi kalian. Dengan settingan khusus ini, punya saya jarang disconnect apalagi putus gak mau nyambung lagi.

    Link Solusi Mengatasi permaslahan tenda o3
    https://maszanuwar.blogspot.com/2019/11/mengatasi-tenda-o3-sering-disconnect.html

    Semoga masalah kalian terselesaikan. Semoga Berhasil

    BalasHapus
  20. Selamat MLM gan,,mau tanya bisakah tenda o3 dijadikan ap dan langsung di tangkap banyak ruter ...terimakasih info seblmnya
    1. Dari tenda outdoor o3 ke tenda klayen outdoro3 ,,,lalu dipancarkan lagi pakai tendao3 ,,dan di tangkap oleh 6ruter tenda indorr,,minta penjelasanya gan..matursuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Unknown
      Bisa gan. Yang penting sinyal yang diperoleh juga bagus. Kalau gak bagus kadang disconnect sendiri.
      Kalau cuman deket sih oke oke aja.
      dan Ada kapasitas maks yang mampu di ampu sama tenda o3. Nah maksimal berapa saya kurang tahu, belum pernah maksimalin berapa client yang dapat di ampu sama tendanya...

      Hapus
  21. Saya sdh coba dengan mode wisp saya dapat jaringannya tapi tidak bisa nyambung kata nya waktu telah habis
    Yg saya nembak itu Xiaomi extender pro

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://maszanuwar.blogspot.com/2019/11/mengatasi-tenda-o3-sering-disconnect.html
      Coba Setting Kayak ini gan...
      Sinyal kurang kuat kadang putus putus sendiri. Bahkan kadan no internet access

      Hapus
  22. Saya punya wifi indihome di rumah saat saya bagi jaringan nya menggunakan tenda 03 di mode wisp ko jaringan lambat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek sinyal yang didapet??
      Setting di Mode b/g/n dan bandwith dimaksimalin 40

      Hapus
  23. sy rencana mau pakai tenda o3 untuk penyebar di lingkngan perum sy dengan jarak kira2 150m an gan... tenda o3 sebagai pemancar nanti disetiap rumah dipasang tenda n301 untuk topologi dan seting nya bagaimana y...
    koneksi menggunakan Indihome.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setting Tenda O3 AP
      Setting Tenda N301 WISP/ repeater, usahain dapet sinyal 60 % di tenda n301.
      Oh ya di tenda gak bisa maen radius.. cakupan lebih jauh yang kedepan, samping dan belakang kurang.

      Hapus
  24. Tends 03 dgn jarak 2 km . Menggunakan 2 tends 03 . Bagusnya pakai mode apa


    BalasHapus
  25. Daya tangkap sinyal kurang joss gan, v2 rev 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi bagusan yang 1 dong,
      Posisi saya juga masih pakek tenda o3 v1 masih lancar
      kurang lebih dah pakek 1 tahunan

      Hapus
  26. bisa nemabak wifi AP voceran dan penerima mode wisp? jarak 300 meter kondisi perumahan dan pohon pohon

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyimak gan, saya juga masih cari2 alat yang pas buat nembak wifi jarak 300-500 meter dari wifi voucheran

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Gan. Saya di rumah pakai TP-LINK CPE220 ( Digunakan sebagai Client/Device utk menembak Jaringan WIFI )
    Saya baru beli lagi TENDA 03V02 OUTDOOR.Rencana utk dipasang di Kantor, dan rencana saya mau pakai sebagai Pemancar jaringan saja. Untuk Settingannya agar bisa memancarkan secara Maksimal bagaimana ya? Apa bedanya Mode AP dan Mode Router?

    Noted :
    1. Jarak dari Kantor - Rumah sekitar 400 meter.
    2. Tinggi Tower di kantor 18 meter.
    3. Tinggi Tiang TP-LINK di rumah 14 meter.

    BalasHapus
  29. gan.. mau tanya.. saya mau tembak wifi tetangga saya.. sdh izin.. jaraknya kira kira 200 - 300 meter.. saya tembak dari lantai 2. dan tetangga saya taruh router indihomenya di lantai 1 ruang keluarga... sebelumnya saya pakai tenda ac10u. tapi sinyal nya tdk kedetek.. kemudian kalau saya pakai tenda 03 sebagai cliend utk nembak bisa tdk gan? kemudian saya hubungkan demgan kabel rj45 ke tenda ac10u agar optimal... itu apakah supoort gan tembak denngan router ini? atau ada saran lain.. halangannya cuma tembok saja.. kalau dr depan rmhnya sinyalnya bagus.. di cek pakai hp di lantai rmh saya sinyalnya kadang ada 1 kadang tdk ada.. kalau menggunakan ini apakah bisa lebih baik atau sama saja? terima kasih gan

    BalasHapus
  30. Bang.... Klw mode wisp itu channel harus sama dg router utama atau auto aja??? Apa harus beda??
    Dan klw yg channel bandwith itu pilih mana 20/40??? Karena conec wifi saudara di depan rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Automatic ikut yang ditembak kalau channel.
      deket 40 lebih kenceng dan bisa stabil...

      Hapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Untuk Semua Saja..
    Saya mohon maaf saya tidak bisa menjawab pertanyaan pertanyaan dari agan..
    Dikarenakan saya sedang menyiapkan skripsi saya, untuk itu sementara waktu saya tidak bisa menjawab dan mengupdate artikel artikel di blog ini.
    Untuk itu saya mohon maaf tidak bisa menjawab pertanyaan pertanyaan dari agan agan semua..
    Setelah urusan di bidang perkuliahan saya selesai, secepatnya saya akan kembali mengerjakan blog ini...
    Sekali lagi saya mohon maaf

    BalasHapus
  33. gan kalo mau nembak wifi jarak 170M bagusan pake tenda 03 versi 01 atau 02,alasannya kenapa.mohon pencerahannya suhu,thanks.

    BalasHapus
  34. Tenda O3 sudah saya setting AP dengan IP defauld. Tapi saya kesulitan mau aksel lagi untuk mengubah settingan. IP 192.168.2.1 sudah tidak bisa detek. Gmn, Gan caranya? Apakah harus naik ke tiang dan mereset lagi secara manual?
    Mohon pencerahan, Gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika setting mode AP harus merubah manual di komputer client.
      arahkan ke ip default tenda o3nya

      Defaultnya

      192.168.2.1

      Jangan lupa subscribe channel saya di youtube
      Name Channel : Zanuwar Channel
      Thanks guys

      Hapus
  35. Wifi luar - tenda 03 - tenda f3, ( mau disebarkan lagi.

    Settingan tenda 03 pakai mode yg apa gan?

    Makasih

    BalasHapus
  36. mas, pengen tanya nih. Saya punya wifi yg pakai AP
    ,rencana di tempat teman saya yg jaraknya sekitar 400 meter mau dipasang tenda 03. Kira kira bisa gk ya menerima sinyalnya. Artinya dari Wifi (rencana modemnya mau taruh outdoor) ke tenda 03 dgn jarak 400 m. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jarak segitu harus ap nya kasih di luar, atau taruh di ventilasi dan pointing tenda o3 ke ap harus bener bener pas, biar hasil maksimal.

      Jangan lupa subscribe channel saya di youtube
      Name Channel : Zanuwar Channel
      Thanks guys

      Hapus
  37. Gan apa bedanya mode AP dengan WISP pada tenda 03?

    BalasHapus
    Balasan
    1. acces point sebagai jembatan internet. ip akan ikut router utama.
      wisp -> jembatan internet, dengan memberikan rumah.

      kapan kapan akan saya beri penjelasan di youtube channel saya, untuk memberikan ilustrasi gamblang.

      Jangan lupa subscribe channel saya di youtube
      Name Channel : Zanuwar Channel
      Thanks guys

      Hapus
  38. Bisakah saya pake mode WISP jika saya menggunakan Wifi ber voucher

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau WISP, voucher yang dipakek cukup satu.

      Hapus
  39. Assalamualaiku
    Ijin mau tanya, saya sudah menggunakn mode cilent, cuman blm bisa menyambungkan dengan routerya/ blm bisa setting bagian ruter..mohon pencerahnny

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum suhu.ijin ilmu nya
    Sy punya tenda 03 dan zte f609. Untuk nembak wifi saudara wifi indoor yg jarak 150m dengan ip.192.168.1.1 Gpon @wifi.id
    Nah yg mau sy tykana sett tenda o3 mode client ip dan dns primary ikut turunan dr modem utama atw dan dhcp enabled atw disabled di o3 sy..terus utk zte f609 mode brige ip ikut turunan dr o3 kah hu🙏🙏🙏 salam dr surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya saya kurang paham dengan pertanyaannya.

      jika menggunakan mode static client, semua ip clinet dari tenda o3 ke zte f609 akan distribusikan ke router yang ditembak.

      misal router indihome -> ditembak tenda o3 -> zte f609.

      menggunakan static client, semua ip client dari zte f609, akan masuk ke router indihome.

      tenda o3 dan zte f609, hanya sebagai jembatan saja.

      Teteap semua proses dan pemberian ip di jalankan dari router indihome.

      Agar tidak memberatkan si router indihome utama. Saya sarankan menggunakan mode wisp di tenda o3, baru ke ap zte f609. Nah disini ada proses pemberian ip dari si tenda o3.

      Jangan lupa subscribe channel saya di youtube
      Name Channel : Zanuwar Channel
      Thanks guys

      Hapus
  41. Mohon petunjuk.
    Di sekolah saya terpasang wifi indihome dengan router huawei.
    Saya ingin memanfaatkan jaringan di sekolah untuk kepentingan WFH di rumah.
    Jarak rumah saya dari sekolah lebih kurang 3 km.

    Apakah saya bisa menggunakan Tenda O3 di rumah untuk menangkap sinyal wifi dari sekolah saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sejauh itu ditembak langsung tidak bisa ya gan.

      Perlu 2 tenda o3, itupun kurang ok.

      Pakek yang alat 5ghz.

      Jangan lupa subscribe channel saya di youtube
      Name Channel : Zanuwar Channel
      Thanks guys

      Hapus
  42. Assalamualaiku
    Ijin mau tanya, saya Mau menggunakn mode cilent tembak wifi saudara , trus saya mau menyambungkan dengan routerya zte f660 , di tenda 03 nya pake mode apa sama di reuter zte f660 pake mode apa pula maaf mohon pencerahannya sbb masih pemula... terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut ane, dan pengalaman 2 tahun pakek tenda o3. Saya selalu menggunakan mode wisp.
      alasan biar tidak memberetkan si router saudara agan.

      Jadi tenda o3 mode wisp, dan mode ap zte f660.

      Kapan kapan saya akan buatkan tutorial nyambungin ke zte f660.

      Jangan lupa subscribe channel saya di youtube
      Name Channel : Zanuwar Channel
      Thanks guys

      Hapus
  43. Tanya om.. point ke multi point.
    Multi point nya tenda f9. Dhcp on, Channel dset ke 11, security wpa/wpa2 mixed..

    Pointnya cpe220 sama 03.
    Yng 03 ga dapet ip dari f9.padahal 3 bar wifi di scan. Sedangkan cpe lancar jaya..

    Semua tak doble check dah bener.. tapi ga mau dapet ip wan dari tenda f9.
    Apanya yg salah ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah fix, ternyata si F9 harus ku set ke channel auto, bandwith auto, security wpa/wpa2 mixed.
      terus si 03 sama channel auto, security wpa/wpa2 mix, encryption AES+TKIP, baru mau nyantol.

      sebelumnya emang ku force di channel 11, biar interference sama wifi lainnya. begitu di auto, reboot, langsung nyantol. aneh bgt. btw yang penting solved. thank you..

      Hapus
    2. maaf guys, ane setahun kemarin baru nyelesein studi ane. Mungkin tahun ini bisa lanjut nulis, dan berbagi informasi.

      Jangan lupa support channel admin ya
      thanks.

      Hapus
  44. Saya nembak wifi..mode wisp sudah terhubung tapi tidak ada internet tolong solusi nya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Coba cek ipv4 di client, mungkin masih manual.
      2. cek di status tenda o3 apakah sudah tersambung, di status informasi jika tersambung, terdapat sinyal ya gan.
      3. ubah tx power agan, turunin tx power.
      4. cek wifi pusatnya gan.
      Itu biasanya gan.

      Hapus

  45. gan saya mau tanya,sy punya asus rtn18u tendao3 sebagai wisp, lalu sambung ke wan asus rtn18u... lalu lan 1/2/3/4sayashare ke stb... kenapa ga bisa konek ya?padahal semua benar... klo online via tenda o3 konek..tapi kalau via asus rtn18u ga bisa? padahal pake kabel lan.... dari poe nya tendao3 lalu ke wan nya asus rtn18u lalu dari lan 1 nya asus rtn18u ke stb atau ke laptop... itu semua ga konek bila via asus tsb... padahal asus baru dan normal... ga rusak

    BalasHapus


EmoticonEmoticon