Senin, 30 September 2019

Pengertian SSD (Solid State Drive), Cara Kerja, Komponen, Penjelasan SSD

Pengertian SSD (Solid State Drive) - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar SSD. SSD ini bisa dikatak serupa dengan Hard disk yang sama sama berfungsi untuk menyimpan data, Tapi perbedaan antara harddisk dengan ssd yakni cara kerja penyimpanan yang digunakan. SSD ini pula juga fungsinya sama dengan Harddisk. Untuk itu simak terus penjelasan seputar ssd yang akan kami bahas.


Apa itu SSD (Solid State Drive), Cara Kerja, Komponen dan Pengertian SSD

Pengertian SSD

SSD kependakan dari Solid State Drive, SSD adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian Integrated Circuit sebagai memory yang digunakan dalam menyimpan berbagai data ataupun informasi. media ini seperti halnya harddisk yang berfungsi menyimpan data. Yang membedakan antara SSD dengan Harddisk yakni penyimpanan data SSD ini menggunakan serangkaian IC. SSD juga non-volatile memory berarti data yang berada dalam SSD tidak akan terhapus ataupun hilang walau daya yang diberikan tidak ada atau tidak dialiri.

SSD ini tidak menggunakan piringan sebagai media penyimpanan, jadi beda dengan harddisk, dimana harddisk masih menggunakan piringan untuk menyimpan data. Analogi SSD Seperti halnya flashdisk tapi SSD lebih multi guna daripada flashdisk.

SSD ini juga dianggap lebih canggih daripada flashdisk ataupun harddisk. Bisa kita lihat jika kita membandingkan dengan USB Flash Drive, Kapasitas SSD lebih besar daripada Flash Drive. Tapi jika dibandingkan dengan Hard disk, SSD lebih cepat dengan Harddisk, Walau bisa dibilang harga SSD lebih mahal. Harddisk digerakan secara mekanik yang membaca sebua piringan yang berputar, sedangkan pada SSD bergerak secara elektri yang digunakan untuk menyimpan data ataupun mengambil data. Jika diadu dengan harddisk, Harddisk kalah cepat dengan SSD.

Komponen Komponen SSD

SSD pada umumnya menggunakan Flash memori yang berbasis NAND untuk menyimpan data. Memori ini juga bersifat Non - Volatile yang berarti memori tersebut tidak akan hilang data walau tidak dialiri arus listrik.

Pada dasarnya SSD mirip dengan Harddisk hanya saja SSD tidak menyimpan data di dalam piringan piringan magnetik seperti halnya harddisk. SSD menyiman data di dalam chip memory flash yang berhubungan satu sama lain.

Untuk fungsi SSD bisa kalian lihat di Artikel mengenai harddisk, karena semua fungsi SSD juga sama fungsi Harddisk.

Cara Kerja SSD (Solid State Drive)

Jika kalian mengetahui Flash Memory pasti kalian juga mengerti mengenai cara kerja SSD ini. Apalagi SSD ini nyari mirip dengan komponen penyusun memory. Tapi SSD beda fungsi dari RAM, karena RAM tidak dapat menaruh data ketika laptop dimatikan atau lebih pahammnya ketika laptop mati data di RAM hilang, sedangkan SSD tidak akan hilang walau komputer atau laptop dimatikan.

SSD ini tentunya menggunakan jaringan sel elektrik yang secara cepat dapat memanggil serta mengirim suatu data yang telah diperintahkan. Nah jaringan listrik ini terbagi menjadi bagian bagian sisi yang dapat kita sebut dengan Pages (halaman). halaman atau page ini juga digunakan untuk menyimpan nah setelah ini dijadikan satu untuk membuat suatu block.

File yang tidak berfungsi jika dalam page tersebut terdapat satu block yang ditandai, maka SSD akan segera mengambil block tersebut danasegera menghapus block tersebut semuanya. Jika kalian membeli SSD baru, nah didalam tersebut terdapat banyak blok yang mempunyai page [age yang kosong. Saat pengisian data untuk pertama kali page page tersebut maka penulisan akan berjalan dengan cepat.

Tapi kelamaan SSD tersebut akan mengalami kehabisan page kosong maka dari itu menyebabkan page kosong tersebut tidak akan tertata rapi dan dapat mengakibatkan page menjadi berantakan dimana mana dalam SSD, SSD tersebut kurang dapat menimpa data di dalam data tersebut.
Namu jika kalian ingin menuliskan atau memasukkan file atau data dalam kondisi tersebut maka otomatis drive juga akan menggerakkan sistem atau dapat perhatikan sekama dibawah ini.
  • Mencari blok yang mempunyai page yang masih kosong dan cukup untuk memasukkan data.
  • menyimpan data page apa saja jika dibutuhkan dalam block tersebut.
  • akan dilakukan rest dalam setiap page di dalam block tersebut
  • Akan menulis ulang data yang dibutuhkan de dalam page ke block yang telah direset tersebut.
  • Untuk menyimpan akhirnya data disimpan atau dituliskan dalam data baru tersebut.

Perbedaan Harddisk dan SSD

Komponen
HDD
(Hard Disk Drive)
SSD
(Solid State Drive)
Daya
6 - 7 watt
2 - 3 watt
Harga
Lebih Murah
Lebih Mahal daripada Harddisk
Kapasitas
Maksimal Tercata 6 TB
Max : 1 TB
Waktu booting
30 - 40 detik
10 - 13 detik
Noise (kebisingan)
Terdapat piringan yang bergerak sehingga terdapat suara bising
Tidak memiliki komponen seperti layaknya piringan di harddisk yang bergerak sehingga tidak menghasilkan suara bising
Getaran
Terdapat getaran
Tidak terdapat getaran
Panas
Menghasilkan panas, karena adanya pergerakan
Tidak ada menghasilkan panas
Failure Rate
1,5 juta jam
2.0 juta jam
Kecepatan baca / tulis
diantara 50 – 120 MB/s
Umumnya mampu 200 MB/s, bahkan mampu 550 MB/s untuk SSD yang canggih.
Enkripsi (kode sandi)
FDE (Full Disk Encryption)
FDE (Full Disk Encryption)
Kecepatan buka file
Lebih lambat
30% lebih cepat dari Harddisk
Imbas Gaya Magnet
Gaya magnet dapat menghalangi piringan
SSD aman terhadap imbas gaya magnet
Jangka Waktu
Tidak ada jaminan tentu kapan harddisk rusak. Biasanya cukup lama, dibanding SSD. Beda halnya dengan jatuh atau kerusakan komponen harddisk.
SSD Dapat bekerja optimal kurang lebih 7 tahun. Tergantung seberapa keras pemakain yang dilakukan.

Nah di akhir kata ini, Itu saja yang dapat kami tuliskan mengenai Pengertian SSD. Semoga dengan artikel dapat membuat kalian paham mengenai Teknologi SSD yang saat ini digadang gadang sebagai pengganti harddisk karena berbagai kecanggihan tersebut. Jika terdapat pertanyaan bisa kalian tanyakan dengan cara menulis di kolom komentar atau menulis kontak form di situs kami. Sekian dan terima kasih telah berkunjung di situs kami, dan nikmati setiap artikel yang kami tulis.

Pengertian SSD (Solid State Drive), Cara Kerja, Komponen dan Pengertian SSD.

Terima Kasih

1 komentar

  1. kak saya mau nawarin refferal nih buat kakak, jadi kalo kakak mau servis atau temen kakak pengen servis ke bang amin gadget, nanti kakak dapat komisi dan yang servis dapat diskon dari total transaksinya 10% kak bagaimana??

    BalasHapus


EmoticonEmoticon