Kamis, 09 Januari 2020

Apa itu Router ? dan Bagaimana Bekerja

Apa itu Router ? dan Bagaimana Bekerja - Router adalah perangkat jaringan yang bertanggung jawab untuk mengambil lalu lintas rute yang benar. Di rumah Anda, Anda pasti akan memiliki satu yang menghubungkan Anda dengan Internet.
Apa itu Router ? dan Bagaimana Bekerja

Router bekerja menggunakan alamat IP untuk mengetahui kemana paket data harus pergi, tidak seperti apa yang terjadi di switch. Berkat alamat ini, yang unik untuk setiap mesin, perangkat ini dapat mengetahui ke mana harus mengirim paket.

Apa bedanya dengan switch?

Switch bertindak dalam jaringan area lokal. Tugas Anda adalah mengirim lalu lintas ke mesin yang harus menerimanya. Untuk ini menggunakan MAC, atau alamat fisik dan bukan IP-nya. Dengan cara ini, dapat dihindari bahwa dalam jaringan area lokal ada tabrakan antara data mesin yang tidak berbicara satu sama lain.

Router menghubungkan subjaringan yang dapat berisi ribuan peralatan potensial dan berjarak ratusan kilometer. Seperti yang Anda lihat, fungsinya tidak sama.

Beberapa fitur khusus

Karena router bertanggung jawab untuk menghubungkan ke jaringan lain, seperti Internet, mereka harus menyertakan teknologi yang kita gunakan akses, seperti ADSL.

Wifi Sangat umum menemukan router dengan penambahan koneksi nirkabel untuk terhubung ke laptop Anda, PC desktop , laptop atau tablet.

PoE PoE adalah akronim untuk Power over Ethernet.

Dengan cara ini Anda dapat menyalakan perangkat melalui salah satu portnya.

Deteksi intrusi dan firewall. Tidak ada lagi yang menambahkan beberapa keamanan ke jaringan Anda melalui router Anda. Dalam hal ini ada model yang sangat canggih yang mampu, misalnya, menganalisis email selama perjalanan untuk mencegah mereka mencapai tujuan penuh virus.
Aspek yang perlu dipertimbangkan saat membeli router

Kecepatan Di satu sisi kami memiliki kecepatan yang akan diberikan oleh penyedia akses Internet kami, dan di sisi lain, router biasanya memiliki lebih dari satu mulut. Koneksi antara port ini akan terbatas pada kecepatan maksimum yang dapat diberikan oleh router.

Ini bukan masalah kecil, Anda dapat memiliki kartu yang mampu berjalan pada 1 Gigabit per detik pada PC desktop Anda dan jaringan internal rumah Anda hanya mampu mencapai 10 Megabit dan akhirnya bekerja dengan kecepatan transfer 100 kali lebih banyak lambat


EmoticonEmoticon