Jumat, 29 November 2019

Cara Mengatasi Tenda O3 Sering Disconnect, Putus Putus, No Internet Access

Konfigurasi Tenda O3 Sering Disconnect - Pada kesempatan kali ini saya akan share kepada kalian tutorial bagaimana cara mengatasi tenda o3 yang kadang putus-putus sendiri, Disconnect (DC), atau No internet Access. Permasalahan sering dialami oleh para pengguna tenda O3.
Cara Mengatasi Tenda O3 Sering Disconnect

Banyak yang tanya kepada kami, seputar masalah pada tenda o3 sering disconnect, putus nyambung, ataupun tidak ada internet (no internet access). Tenda o3 putus nyambung menurut saya disebabkan dari ada banyaknya interfrensi antar signal Wi-Fi, dengan kata lain terlalu padat jaringan wifi di wilayah tersebut. Analoginya saat kalian mendengarkan radio dan mengganti channel, nah itu ada suara bising yang gak jelas. itu yang dinamakan interferensi.

Berikut screenshoot permasalahan tenda o3 yang sering sekali ditanyakan, kepada kami.
Permasalahan Tenda O3

Permasalahan Tenda O3

Cara mengatasi Tenda o3 sering putus putus

Cara mengatasi tenda o3 putus nyambung

Cara Mengatasi Tenda O3 Sering Discconect atau Putus-putus

Disini saya memiliki 3 solusi untuk mengatasi hal tersebut, cara pertama bisa tetep full speed. Cara yang kedua cukup mengorbakan kecepatan yang diperoleh, cara ketiga cari sinyal wifi yang kuat semakin kuat semakin berkurang gangguan.
1. Menurunkan TX Power atau Transmit Power.
2. Mengganti Network Mode.
3. Upayakan Signal yang kalian peroleh dapet dibawah 64 dBm, atau dengan kata lain CCQ 100%

Sebelum pada solusi saya akan berikan terlebih dahulu settingan umum tenda o3, agar daya pancar dan daya tangkap jauh.

Konfigurasi Tenda O3 Mode AP, WISP, Repeater, dll.

Nah ini merupakan settingan konfigurasi secara umum tenda o3 agar peka terhadap wifi, atau jangakauan cukup jauh bisa terdeteksi.

Settingan Tenda O3 di Menu Wireless -> Basic

Nah disini kita bisa setting transmit power atau tx power, Network Mode.
Cara mengatasi tenda o3 sering disconnect

Settingan Tenda O3 di Menu Wireless -> Advanced

Dalam menu advanced ini digunakan untuk peka terhadap sinyal wifi, atau pancaran atau tangkapan wifi tenda o3 menjadi jauh. Agar pancaran diterima dan ditangkap cukup jauh yang paling penting adalah pada signal reception. Signal Reception merupakan kunci permasalahan utama kenapa wifi yang dekat aja gak ketangkep.

Pada menu ini juga terdpata antena polarization, fungsi mau signal yang ditangkap atau diterima berapa derajat. Horizontal maka arah Cakupan luas rendah karena hanya menembak lurus. Biasanya Antena Polarization Horizontal digunakan untuk PTP (Point to Point).

Sedangkan antena Polarization Vertical arah cakupan luas derajat cakupan lebih luas. Enak jika digunakan untuk menembak wifi jarak < 100 meter. Atau untuk Pemancar wifi. Untuk PTP tidak cocok.

Berikut konfigurasi wireless -> Advanced
Di menu ini bisa setting Antena Polarization, Signal Reception, Dll
Cara mengatasi tenda o3 Putus putus


Dengan Konfigurasi di dalam menu wireless Advance, dan wireless basic bisa bertahan selama 3 hari lebih tanpa dc atau dicsonect. Dan Kecepatan dapet full speed.

Setelah saya berikan konfigurasi secara umum, Kita pidah ke solusi agar tenda o3 yang sering putus putus, putus nyambung, dc sendiri, ataupun sering disconnect sendiri bisa nyambung terus.

1. Cara Mengatasi Tenda O3 Sering Disconnect dengan Menurukan Tx Power (Transmit Power)

Dalam hal ini kalian cukup mencari settingan yang sesuai, dengan kata lain perlu coba coba agar bisa menemukan ramuan yang cocok agar tidak disconnect sendiri. Tapi disini juga saya akan berikan pengalaman pribadi agar terlepas dari tenda o3 putus nyambung sendiri, dengan setting tx Power (Transmit Power).

Kalau pada konfigurasi ini, buat kalian yang suka cepet tapi gak mau sering disconnect. 

Settingan di Wireless -> Basic (TX Power : 24 dBm; Jarang Dc)
Sinyal yang saya dapet CCQ 60%, 72 dBm
Cara mengatasi tenda o3 no internet access

2. Cara Mengatasi Tenda O3 Sering Disconnect dengan Mengganti Network Mode

Dengan cara yang kedua dapat saya pastikan tenda o3 kalian tidak putus nyambung lagi, Dc, atau putus putus. Karena pada cara ini mengorbakan kecepatan. Pengalaman menggunakan ini ketika Sinyal yang ditangkap Drop. Pada saat itu saya hanya dapat sinyal 80 dBm, dengan CCQ 40 %, Dengan cara ini dapat mengatasi tenda o3 putus putus. Nah kecepatan yang saya peroleh ketika saat itu hanya 3 Mbps di speedtest.

Biasanya saya pakek ketika hujan karena sinyal drop atau turun drastis. Lumayan buat main game lancar jaya, youtub masih oke, streaming film 720p masih oke.

Settingan di Wireless -> Basic (Network Mode : 11/b/g)
Sinyal yang saya peroleh ketika uji coba 80 dBm, CCQ 40%
Ketika hujan turunin tx power biar semakin stabil.
Cara mengatasi tenda o3 sering disconnect

3. Cara Mengatasi Tenda O3 Sering Disconnect dengan Memperkuat Sinyal

Nah pada solusi tenda o3 no internet access, atau putus putus, Sinyal yang kalian peroleh harus kurang dari 65 dBm, dan CCQ 100%. Kalau gak bisa sinyal < 65dBm, solusi terbaik ya solusi 1 dan 2. Dalam hal ini yang di otak atik bukan pada konfigurasinya tapi pointing dan penempatan yang pas si tenda o3. Sinyal semakin kuat diganggupun tidak akan goyah. Maka dari itu buat kalian yang pengen kenceng dan jarang dc pakek cara ini, tapi kalau mentok sinyal segitu ya cara diatas aja ya.
Tidak ada Screenshoot gan karena ini yang dirubah bukan pada konfigurasi tenda o3.

Nah itu saja yang kami jelaskan mengenai cara mengatasi tenda o3 sering disconnect, tenda o3 putus putus sendiri, tenda o3 putus nyambung, ataupun tenda o3 No Internet Access. Semua cara yang sampaikan merupakan pengalaman pribadi selama kurang lebih 1 tahun menggunakan tenda o3. Mantep sih mantep tapi perlu sabar, buat mencari settingan yang yahuut. 

6 komentar

  1. Mau bertanya di rumah saya punya wifi indihome tapi saya suda sebarkan jaringan ya menggunakan tenda 03 tapi ko jaringan yg saya sebarkan jaringan lambat nggak separuh jaringan indihome..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sinyal yang dapet berapa gan ??
      Kalau jelek emang bisa berpengaruh..
      Kalau mau kenceng setting di mode b/g/n bandwith 40, tapi kadang no internet acces sendiri...

      Hapus
  2. Gan, kalau Tenda 03 mode WISP udah conected tapi gak ada Internetnya solusinya gimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya sih ya om itu sinyal yg didapet ngga banyak atau pusatnya kurang tinggi atau terhalang tembok, itu pengalam saya om

      Hapus
  3. gan ko tenda saya sinyalnya dikit padahal udh dideketin sama si tendanya tapi ko dapatnya 2 sinyal itu masalahnya apa ya

    BalasHapus
  4. Sory gan untuk seting ulang tenda 03 1.jika pasword dari sumber internet (indihome) yg kita tembak diganti gimana ?

    BalasHapus


EmoticonEmoticon