Kamis, 21 November 2019

Apa itu 3G dan 4G? Definisi dan perbedaan

Apa arti 3G dan 4G? Definisi dan perbedaan - Jaringan telephony telah berkembang selama bertahun-tahun, berpindah dari satu generasi ke generasi lainnya, dan telah menawari kami dari panggilan suara yang mereka ciptakan, sampai, pada tanggal-tanggal terakhir, juga, penjelajahan Internet ke kecepatan tinggi. Dalam area ini, jaringan yang saat ini lebih luas adalah generasi ketiga dan keempat, yang dalam deskripsi   Smartphone terbaru yang sering kita temukan di bawah akronim 3G dan 4G. Tapi apa arti dari konsep-konsep ini sehingga hadir di hari kita hari ini, dan bagaimana perbedaannya? Ayo melangkah selangkah demi selangkah.
Apa itu 3G dan 4G? Definisi dan perbedaan

Apa itu 3G?

3G, atau generasi ketiga, adalah teknologi mobile yang memungkinkan transmisi data, suara dan video pada kecepatan tinggi dan tanpa kabel. Oleh karena itu, pengguna bisa melakukan panggilan dan video call, berselancar di internet, mendownload program, bertukar email dan memanfaatkan pesan instan dari ponselnya dengan kecepatan minimal 200 Kbit / s dan maksimal 384.

Meski menjadi teknologi yang ditujukan untuk telepon seluler, dalam beberapa tahun terakhir kemungkinan telah muncul bahwa perangkat lain juga dapat menikmati koneksi internet ini berkat sebuah   modem   USB eksternal Juga, beberapa   netbook   dan   tablet   mereka mengintegrasikan modem itu di dalamnya. Satu-satunya syarat untuk menggunakan 3G di perangkat ini adalah memiliki kartu SIM, meskipun nomor yang terkait dengannya diblokir.

Dengan dimulainya 3G, komunikasi melalui mobile telephony mengambil lompatan kualitatif. Dan, karena transmisi pesan suara dan pesan teks (SMS) sendiri pada generasi sebelumnya, kami pun menikmati menikmati browsing jaringan juga pada ponsel kami dan melakukannya dengan kecepatan yang sangat tinggi. Dengan ini, selain itu, ada juga kesempatan untuk melakukan video call.

Terakhir, bukan hanya peningkatan kecepatan yang merupakan satu-satunya keuntungan yang diberikan oleh pendaratan generasi ketiga, karena tingkat keamanan dalam komunikasi juga meningkat. Mengapa? Karena jaringan 3G digunakan   enkripsi blok KASUMI   dan, dengan cara ini, izinkan UE untuk mengotentikasi jaringan tempat pengguna terhubung, untuk menguatkan bahwa ini bukan tiruan yang diretas.

Apa itu 4G?

4G didefinisikan sebagai teknologi telephony generasi keempat, namun berbeda dari yang sebelumnya, karena suaranya dan kecepatan transfer data jauh lebih cepat. Untuk teknologi yang bisa dianggap 4G, ia harus memiliki kecepatan transmisi maksimal 100 Mbit / s dalam gerak dan 1 Gbit / s saat istirahat. Hari ini kita menemukannya di smartphone, modem USB dan perangkat mobile lainnya.

Jaringan ini berbasis, secara keseluruhan, pada   protokol internet (IP) , dan ini adalah sistem dan jaringan yang didapat berkat konvergensi antara jaringan kabel dan nirkabel. Teknologi ini, oleh karena itu, mampu menawarkan semua layanan dengan kualitas yang tak diragukan lagi kapan saja, dimana saja, dan memberikan manfaat yang sama dalam akses Internet (bahkan melebihi mereka) sebagai jaringan broadband tetap. IP telephony, layanan game, televisi bergerak dalam definisi tinggi atau konferensi video dan 3D adalah beberapa aplikasi yang tersedia di 4G.

Di sisi lain, untuk jaringan yang dianggap sebagai generasi keempat, harus memenuhi serangkaian persyaratan, yaitu sebagai berikut:

  • Akses ke mobile broadband dan efisiensi bandwidth ini, karena tujuan utama teknologi ini adalah trafik data.
  • Kapasitas jaringan yang tinggi
  • Konektivitas melalui jaringan heterogen dengan berbagai ukuran dan fungsi.
  • Kualitas layanan yang tinggi, dengan dukungan yang memadai untuk aplikasi multimedia. 

4G, oleh karena itu, sangat cocok untuk berselancar di Internet, karena kecepatan downloadnya sangat tinggi dan, misalnya, kita bisa mendownload aplikasi dalam hitungan detik atau bermain online tanpa penundaan atau lag. Dengan cara ini, pengalaman dengan smartphone kami sangat membantu, karena kami menikmati konten dengan kualitas lebih baik dan kami mendapatkannya dengan sangat cepat.

Perbedaan antara 3G dan 4G

Perbedaan mendasar antara 3G dan 4G adalah kecepatan browsing dan download data di Internet. Secara khusus, generasi keempat adalah antara lima dan sepuluh kali lebih cepat dari generasi ketiga dan, demikian juga, waktu responnya adalah antara tiga dan empat kali lebih sedikit daripada di 3G. Misalnya, mendownload film bisa memakan waktu hingga dua jam dengan generasi ketiga, sedangkan dengan 4G nyaris tidak sampai lima menit.

Selain itu, stabilitas jaringan juga lebih besar pada generasi keempat, karena kecil kemungkinan Anda terjatuh dari internet dengan koneksi ini, daripada yang terjadi dengan 3G.

Akhirnya, protokol operasi adalah salah satu perbedaan antara kedua jaringan, karena 4G hanya menggunakan protokol IP, sedangkan 3G juga didasarkan pada   layanan telekomunikasi bergerak universal.


EmoticonEmoticon