Sabtu, 27 Juli 2019

Sejarah Penemuan Robot

Pada postingan kali ini saya akan bagikan mengenai informasi yang bermanfaat. Informasi tersebut berbau Robot. Ya, betul saya akan akan membahas mengenai Sejarah Robot. Robot yang saya tahu merupakan teknologi yang hampir menyerupai prinsep kerja manusia, itu menurut saya lhoo. Untuk lebih mengenal robot mari kita tengok sejarah robot terlebih dahulu.
Sejarah Penemuan Robot

Pengertian Robot dan Robotika

Robot merupakan peralatan manipulator yang dapat diprogram yang sesuai saat kita gunakan, Robot mempunyai fungsi, untuk pemindahan barang, sebagai alat khusus,yang digunakan untuk mempermudah berbagai pekerjaan manusia melalui gerakan yang telah terprogram. Robot mempunyyai banyak hal kesamaan dengan otomasi internal. Karena robot jug memanfaatkan perinti tenaga beruppa listrik atau yang lainnya. Robot dikendalikan melalui urutan urutan program yang dijalankan.

Sedangkan Pengertian Robotika. Robotika merupakan salah satu cabang yang kental hubungannya dengan konstruksi, desain, operasi, diposisi struktural, aplikasi dari tobot, dan pembuatan. Robotika sangat terkait pada bidang Perangkat Lunak Komputer, Mekanika, mesin terutama elektronika.

Sejarah Penemuan Robot

Sejarah Penemuan Robot
Pada Mulanya Robotika bukan merupakan disiplin elektronika namun berasal dari ilmuwan imuwan biologi dan pertunjukkan drama pada abad XVIII ataupun pengarang novel. Pada awalnya para ilmuwan biologi ingin menciptakan karakter yang para ilmuwan inginkan dan taat dan menuruti segala perintah yang diberikan. Sayangnya makhluk ciptaan belum bisa diciptakan. Tapi makhluk tersebut hanya dapat diceritakan di dalam novel ataupun naskah sandiwara, ataupun film

Pada Abad XIX robot mulai ada titik terang, bisa dilihat dari pembuatan boneka tiruan manusia yang bisa bergerak pada bagian tubuhnya, yang dikembangkan oleh insinyur tehnik. Pada saat itu Insinyur tersebut hanya berbekal mekanika dalam membuat jam mekanik.

Tahun 1920 robot mulai berkembang dari disiplin ilmu bidang elektronika, spesifiknya pada tehnik kontrol otomatis di bidang elektronika. Sayangnya pada masa itu komputer sebagai komponen utama dalam membuat robot yang digunakan untuk pengolaan data data masukan sensor dan kendali aktuator belum memiliki kemampuan secepat era sekarang, dan juga komputer pada tahun 1920 masih terbilang besar.

Tahun 1950 Robot Mulai berkembang. Seiring dengan berkembangnya Komputer Robot juga mengalami perkembangan. Karena dengan kemampuan komputasi komputer lebih cepat dan ukuran fisik komputer semakin kecil, maka robot memiliki kemampuan kecerdesan yang cukup baik dalam melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan manusia. Robot digadang gadang akan digunakan sebagai alat untuk memproduksi sesuatu di dalam industri, yang kita kenal dengan robot industri. Robot dapat digunakan untuk pembersihan limbah beracun, pertambangan, pencarian tambah, dan penjelajahan di bawah air ataupun luar angasa. Pada zaman sekarang robot merambah ke dunia konsumen contohnya penyedot debu, ataupun kebocoran gas.

Pada mulanya komputer hanya sebagai alat hitung, namun seiring berkembangnya algoritma dalam pemrograman menjadikan komputer sebagai instrumentasi yang mempunyai kemampuan mirip seperti otak manusia. Algoritma tersebut biasa dikenal dengan sebuatan Artificial Intelegence atau yang biasa kita kenal dengan kecerdasan buatan. Sedikit penjelasan mengenai Artificial Intelegence merupakan algoritma pemrograman pada komputer yang membuat komputer memilki kemampuan seperti halnya otak manusia, yakni kemampuan dalam mengambil kesimpulan dan keputusan, menalar, atau berdasarkan pengalaman yang dimiliki (NB : Jangan sampai robot seperti ini, cukup yang dapat diperintah saja, jangan dapat menalar, pengalaman, takutnya ya bisa dibayangkan sendiri.)

Walau Robot semakin hari terus berkembang, Kita juga perlu selalu bekerja keras, jangan selalu bergantung pada alat alat yang membuat kita malas. Dan juga masih banyak lagi sejarah robot terutama di negara kita. Pada pembahasan kali ini saya hanya membahas mengenai Sejarah Robot Secara umum. Nantikan postingan postingan saya selanjutnya.

Itu saja yang dapat saya tulis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, untuk menambah wawasan kalian atau, dalam membuat sebuah tugas. Nikmati terus pembahasan seputar teknologi di situs kami. Jika terdapat pertanyaan jangan ragu untuk bertanya, dengan cara menulis pertanyaan di kolom komentar.

Sejarah Penemuan Robot
Terima Kasih


EmoticonEmoticon