Senin, 01 Juli 2019

Better Ads Standards Global Maksud dan Pengaruh pada Adsense ?

Better Ads Standards Global pada Adsense - Bagi para publisher jaringan pengiklan Adsense, pasti saat ini kalian mendapatkan notifikasi pada hhalaman adsensese kalian, kan? Notifikasi pada adsense itu pasti berisi sebuah berita mengenai Better Ads Standards Global.
Notifikasi Better Ads Standards pada Adsense
Kebijakan Better Ads Standars Global di Google Adsense


Tapi Banyak publisher bingung, apa maksud dan pengaruh kepada penayang atau publisher? Apakah dapat membahayakan adsense kita atau hanya sekedar pemberitahuan semata??

Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan dan membahas tentang notifikasi tersebut. Notifikasi menyangkut peraturan dan kebijakan dari BetterAds atau bisa dikatakan dengan bagaimana penempatan iklan sesuai aturan google. Tapi sebelumnya  saya akan membahasa dulu BetterAds lebih jauh. 
Baca

BETTER ADS STANDARDS GLOBAL : APA DAN MENGAPA?

jika kalian males baca ini loncat aja ke paragraf bawah atau postingan inti. sebelum kita ke pembahasan inti yang muncul di halaman utama adsense di akhir akhir ini, kenapa notif tersebut muncul, padahal kita selalu main sesuai aturan google. Lanjut kenalan sama Better Ads Standards.

Apa Itu Better Ads Standards?

Better Ads adalah sebuah asosiasi atau koalisi pengembang yang memiliki fungsi dapat menciptakan sebuah pengalaman terbaik user melalui standar iklan yang telah ditentukan. Mudahnya ialah, Better Ads ini mengatur standar iklan, bertujuan agar pengguna merasa nyaman di sebuah situs atau blog walaupun setus tersebut terdapat terdapat iklan di dalamnya.

Bagaimana Better Ads menentukan Standar Iklan?

Better Ads saat ini fokus dengan periklanan web mobile (smartphone) dan web desktop. Untuk menentukan standarisasi iklan dilakukan banyak penelitian kepada kurang lebih dari 66.000 konsumen. Setiap masukan dari para konsumen tersebut ditampung dan dipertimbangkan supaya menghasilkan standar penyangan iklan yang baik dan nyaman. Hal hal yang dijadikan pertimbangan yaiut : jenis iklan yang dibenci, jenis iklan yang disukai, hingga ukuran iklan.

Di Eropa dan Amerika Utara, standar penayang iklan ini sudah diberlakukan sejak tahun 2017. Dan telah diterapkan oleh para developer pada bisnis bisnis mereka. Para Asosiasi ini kemudian mengumumkan kebijakan standar iklan pada di awal tahun 2019 lalu, bahwa menurut penelitian yang mereka lakukan, standar iklan ini bisa digunakan secara global pada web desktop maupun web mobile di seluruh penjuru dunia.

Itulah sedikit pembahasan mengenai Better Ads. Semoga dapat memahami penjelasan singkat yang telah saya utarakan. Selanjutnya mari masuk ke pembahasan inti mengenai pemberitahuan yang di berikan oleh google di halaman utama penyang adsense.

NOTIFIKASI ADSENSE : BETTER ADS STANDARDS GLOBAL

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, Better Ads merupakan sebuah asosiasi atau komunitas untuk menentukan standara penayangan iklan. Google yang merupakan salah satu dari periklan terbesar dan memiliki jutaan member, oleh sebab itu, google patuh terhadap kebijakan Better Ads.
Notifikasi Better Ads Standards pada Adsense
Pemberitahuan pada Adsense Desktop

Dampak Kebijakan Better Ads 2019 

Karena google adalah salah satu anggota komunitas, maka kebijakan yang mereka terapkan akan diikuti dan disambut baik oleh google. memang tujuan tersebut untuk memberikan user atau para pembaca memiliki pengalaman yang terbaik.

Dengan adanya kebijakan Better Ads, google melalui salah satu produknya yaitu Chrome Browser. Yang nantinya, di dalam Google Chrome tersebut akan ditanam fitur sejenis Adblock yang akan memblokir iklan yang menganggu. Fitur ini diberi nama oleh google Chrome Ad Filter.

Bedanya dengan adblock, tidak semua iklan diblokir penayangannya. Hanya beberapa iklan yang dinilai cukup mengganggu dan melanggar standar iklan dari Better Ads.

Beberapa iklan yang akan diblokir nantinya yakni iklan berjenis Video AutoPlay, Pop-Up, Audio, dan iklan dengan intensita lebih dari 30% dari halaman konten. Kalian bisa Cek disini untuk iklan apa saja yang akan di blokir.

Fitur ini akan diterapkan pada seluruh browser chrome (baik mobile ataupun desktop) pada tanggal 9 Juli 2019 nanti.

Untuk mengaktifkannya fitur tersebut bisa dilakukan seperti fitur translate. yaitu dengan memunculkan sebuah notifikasi kecil dibawah (mobile) atau dipojok layar (desktop), apakah ingin memblokir iklan menganggu. Kemungkinan juga terdapat  settingan untuk menonaktifkannya atau mengaktifkan secara langsung pada menu stelan browser chrome.
Notifikasi Better Ads Standards pada Adsense
Pemberitahuan pada Adsense Mobile

Dampak untuk Penayang Iklan (Publisher)

Bagi pemilik halaman blog atau website dengan iklan Adsense atau iklan lainnya, maka perlu cek dan mengatur kembali peletakan dan ukuran iklannya agar sesuai aturan tersebut. Sebab jika kita melanggar aturan tersebut akan cukup berdampak nantinya pada saldo atau pendapatan periklanan, atau biiasa kita kenal dengan invalid traffic.

Mungkin Jika terlalu banyak iklan yang diblokir oleh Ad Filter tersebut, maka semakin sedikit iklan yang akan ditayangkan pada halaman blog. Artinya, jumlah impression iklan juga akan terjadi penurunan. Bagi pengguna iklan dengan bentuk CPM, yang dihargai per 1000 tayangan. Maka akan sedikit berkutang saldonya. Bahkan bisa bisa yang gajian tiap bulan, hanya gajian per 2 bulan sekali.

Untuk meletakkan iklan tetap terserah yang kalian ingin pasang dimana. Hanya saja yang harus kalian perhatikan ialah, ukuran iklan yang dipakai, dan jenis iklannya.

Mungkin Saran dari saya gunakan jenis iklan display (gambar) dan Text aja. Jangan menggunakan iklan yang terdapat video untuk yang bermitra dengan Adsense.

Sedangkan untuk ukuran iklan silahkan pilih ukuran horizontal atau persegi. Sebab kadang vertikal sering dianggap menganggu dan menutup artikel.

Bagaimana Mengetahui dan Mengatasi Iklan yang Bermasalah?

Jika nantinya iklan terkena imbas Better Ad, maka kita bisa lihat pada Laporan Pengalaman Iklan di halaman Web Tools / Search Console. Pastikan bahwa sebelumnya blog atau situs kalian telah terverifikasi oleh webmaster tools (search console).

Nanti akan tampak status peninjauan menjadi PERINGATAN, SUDAH DITINJAU, atau GAGAL. 

Jika terdapat status GAGAL, maka kalian harus segera untuk memperbaiki ikaln tersebut. Nanti akan terdapat video dan beberapa penjelasan mengenai masalah tersebut. Jika telah diperbaiki, maka bisa dilakukan permintaan untuk meninjau ulang. Berikan penjelasan mengenai bagaimana cara kalian memperbaiki masalah secara detail dan apa saja yang kalian lakukan untuk memperbaiki di kolom yang disediakan. Kemudian klik SAYA SUDAH MEMPERBAIKINYA. Maka tim google akan segera melakukan peninjauan secara manual ke blog kalian

CATATAN!!! Alat peninjauan ini akan diterapkan pada tanggal 9 Juli 2019. Jika kamu melakukan sebelum tanggal tersebut, maka status akan tertulis BELUM DITINJAU

Jika selama 30 hari atau satu bulan status kaliam tetap dalam GAGAL dan iklan tidak kalian perbaiki. Maka chrome akan memblokir iklan pada situs kalian.

Namun hal ini tergantung masalah yang ada. Jika iklan tersebut memiliki masalah pada Mobile, maka iklan hanya akan di blokir pada mobile saja tidak untuk desktop atau PC.

Itu saja yang dapat saya jelaskan kepada kalian, setelah membaca dari mana mana di situs resmi google. Jika sekiranya kalian masih kurang paham akan penjelasan mengenai Maksud dan pengaruh Notifikasi Better Ads Standard, bisa kalian tanyakan, bisa lewat email, ataupun kolom komentar. Semoga postingan saya ini dapat membantu teman-teman yang sedikit kebingungan karena adanya notifikasi yang terdapat di Adsense tentang Better Ads Standards Global.


EmoticonEmoticon